Halaman

Jumat, 19 Oktober 2018

Memerlukan waktu selama 3 hari bagi cempe untuk(berdiri)

Jangan Salah, Ini Caranya Rawat Cempe yang Baru lahir!

Memerlukan waktu selama 3 hari bagi cempe untuk benar-benar bisa berdiri tegak dan menyusu

Saat kelahiran memang memerlukan perawatan khusus agar dapat lahir dengan selamat dan berkembang dengan baik

Saat kelahiran memang memerlukan perawatan khusus agar dapat lahir dengan selamat dan berkembang dengan baik

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Usia kelahiran anakan kambing peranakan etawa atau cempe biasanya berkisar antra 150 hari. Saat kelahiran memang memerlukan perawatan khusus agar dapat lahir dengan selamat dan berkembang dengan baik.
Beberapa hal yang harus dipersiapkan jika hari kelahiran diperkirakan sudah dekat, anatra lain handuk atau kain kering, betadine, kelapa muda, telur ayam kampung dan madu. Sedangkan hari perkiraan lahir kambing etawa dapat dihitung 150 hari setelah kambing dikawinkan. Jika ada faktor kesalahan, biasanya hanya mengalami perubahan 2 sampai 3 hari.
Kambing etawa yang akan melahirkan lebih baik dipisah dengan kambing lain, agar anak yang akan lahir nanti tidak terinjak-injak oleh kambing lainnya. Sesaat setelah kambing etawa melahirkan segera diangkat dan disisihkan dari indukannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari cempe terinjak atau tertindih oleh indukannya sendiri, kadang induk yang baru melahirkan berjalan dan cempe yang baru lahir sangat rentan dan lemah.

Anak kambing etawa yang baru lahir kemudian dibersihkan dengan kain kering atau handuk, terutama pada bagian muka atau hidung. Hal tersebut dilakukan karena anak kambing etawa yang baru lahir seluruh bagian muka tertutup oleh lendir dan hidung yang tersumbat sehingga cempe sulit bernapas.
Cempe yang sudah kering kemudian disiram dengan kelapa muda agar bersih dari kotoran yang menempel diseluruh tubuh cempe. Hal ini dilakukan agar indukan bersemangat menjilati cempe yang baru lahir itu. Waktu normal yang dibutuhkan untuk bisa berdiri tidak lebih dari 2 jam.
Pada tahap awal, biasanya cempe akan merasa kesulitan dalam mencari puting induknya dan hal ini harus kita bantu agar cempe dapat seger menyusu ke induknya. Memerlukan waktu selama 3 hari bagi cempe untuk benar-benar bisa berdiri tegak dan menyusu ke induknya. Setelah anak kambing benar-benar kuat untuk berdiri, biarkan selama 24 jam dalam seminggu bersama induknya agar masa susu kolostrum pada induk benra-benar habis.
Jika susu kolostrum pada indukan cempe dipastikan habis, pisahkan dengan indukan agar dapat menyusui sebanyak 4 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan agar kondisi susu kambing etawa benar-benar penuh dan cempe dapat menghampiri induknya dengan susu yang melimpah serta menghabiskannya hingga kenyang. Untuk memisahkan anakan kambing etawa, dapat membuat kotak berukuran 1 x 1 meter, kemudian diletakkan ke dalam kandang dimana induknya tinggal. 
Selamat beternak etawa, yah!


@jitunews http://jitunews.com/read/14361/jangan-salah-ini-caranya-rawat-cempe-yang-baru-lahir#ixzz5UR99XSkP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...