Halaman

Selasa, 23 Oktober 2018

Pentingnya Mencukupi Nutrisi Pakan Ternak Kambing

Pentingnya Mencukupi Nutrisi Pakan Ternak Kambing

Pentingnya Mencukupi Nutrisi Pakan Ternak Kambing- Kini menjadi peternak kambing merupakan profesi yang cukup banyak ditekuni oleh banyak orang. Namun tidak semua peternak kambing mengetahui nutrisi pakan ternak kambing yang tepat. Biasanya mereka hanya memberikan pakan seadanya bagi kambing yang mereka miliki. Padahal hal ini akan berdampak pada kualitas ternak kambing itu sendiri. Kambing yang tidak mendapatkan nutrisi pakan dengan tepat maka kambing tersebut tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Sama halnya dengan manusia, apabila tidak mendapatkana supan nutrisi yang cukup, maka tubuh akan menjadit idak optimal dalam melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Jadi, agar ternak kambing Anda bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal, maka Anda harus bisa memastikan bahwa semua nutrisi pakannya telah terpenuhi.
nutrisi pakan ternak kambing
 nutrisi pakan ternak kambing
Adapun nutrisi pakan ternak kambing yang baik adalah ketika pakan ternak tersebut mengandung karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral. Berikut akan dijelaskan manfaat dari setiap kandungan dalam pakan ternak tersebut:
  • Karbohidrat
Karbohidrat akan bergunas ebagai sumber energi bagik ambing. Pakan ternak yang memiliki serat kasar merupakan sumber karbohidrat bagi kambing. Pemberian pakan dengan kandungan karbohidrat yang cukup akan membuat kambing menjadi cepat gemuk karena lemakd an protein yang dimiliki dalam tubuh kambing tidak diolah untuk dijadikan sumber energi sebagai pengganti karbohidrat.
  • Protein
Protein menjadi kebutuhan nutrisi utama bagi kambing. Sama halnya dengan fungsi protein pada tubuh manusia, protein bagi kambing akan berguna untuk menggantikan sel-sel dalam tubuh kambing sudah
rusak. Selain itu, protein juga berfungsi untuk pembentukan otot, produksi sel darah merah, pertumbuhan bulu, pertumbuhan tanduk, serta dalam kondisi yang mendesak protein bisa diubah menjadi sumber energi.
  • Lemak
Lemak memiliki fungsi untuk cadangan energi bagi kambing ketika ia kekura
ngan karbohidrat. Selain itu lemak juga memiliki fungsi sebagai pelarut vitamin. Jadi ketika kambing diberikan vitamin khusus, maka ia memerlukan keberadaan lemak agar ia bisa melarutkan vitamin yang dimakan. Kendati demikian, kambing yang terlalu banyak mengonsumsi lemak maka akan mengakibatkan diare.
  • Air
Kambing yang masih berusia muda akan membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kambing yang telah berusia cukup tua. Pada kambing dewasa rata-rata membutuhkan air setiapharisebanyak 2 liter/kgpakankering yang diberikan.
  • Vitamin
Kambing memerlukan asupan vitamin berupa vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, serta vitamin E. Biasanya pakan ternak berupa rumput-rumputan, daun-daunan, biji-bijian, dedak, dan ampas tahu sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin pada kambing.
  • Mineral
Kebutuhan mineral pada kambing dapat dipenuhi dengan memberikan pakan seperti garam, tepungtulang, dantepungikan.
Kambing yang terpenuhi segala kebutuhan nutrisinya maka akan mampu menjadi kambing yang berkualitas. Kambing dewasa akan bisa memiliki anak kambing yang berkualitas pula. Tidak hanya itu saja, ketika nutrisi pakan kambing terpenuhi maka kambing tidak akan mudah sakit. Pemberian nutrisi pakan ternak kambing yang berkualitas juga akan menjadikan kambing yang Anda miliki bisa menghasilkan produksi maksimal serta mampu memberikan performa terbaiknya. Seperti kambing yang diperah susunya maka akan mampu menghasilkan susu yang lebih banyak, kambing yang diambil dagingnya maka akan bisa memiliki daging yang lebih tebal, serta kambing aduan akan bisa menghasilkan tenaga yang kuat sehingga saat diaduakan bisa menampilkan performat erbaiknya. Jadi Anda harus memastikan bahwa kambing ternak Andabisa terpenuhi segala kebutuhan nutrisinya.
Jika anda ingin mendapatkan metode dan informasi pakan alternatif terbaru dapat klik info berikut ini. Pakan ini tergolong pakan komplit yaitu sudah mengandung unsur unsur penting dalam membantu pertumbuhan ternak. Pakan kami sudah mengandung karbohidrate, protein, mineral, serat dan vitaminyang mampu meningkatkan bobot pakan secara cepat namun harganya sangat terjangkau serta terukur kenaikan bobot ternaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...