Halaman

Jumat, 19 Oktober 2018

tetanus cempe

CEMPE KAKU TERNYATA TETANUS



Sebagai peternak kambing atau domba alangkah gembiranya ketika kambing atau domba peliharaan kita beranak. Setelah ditunggu-tunggu selama 5 bulan lebih masa kebuntingan. Apabila domba atau kambing kita beranak tentu peternak akan sangat gembira sekali, karena denang adanya cempe berarti peliharaan kita akan bertambah banyak. Salah satu kebuntungan dari peternak adalah cempe yang dilahirkan oleh domba atau kambing yang kita pelihara.

Tetapa kepada peternak setelah domba beranak diharuskan untuk bekerja ekstra keras dan berhati-hati. Karena cempe pada usia 1 sampai 5 bulan sangat rawan terjangkit berbagai penyakit. Belum lagi terkadang induk cempe ada yang tidak mau menyusui anaknya sendiri. Penyakit yang sering menyerang cempe salahsatunya adalah tetanus. Tetanus atau lockjaw, penyebab tetanus adalah kuman yang yang menyerang system urat syaraf dan otot. Kumat tersebut disebut tanospasmin yang merupakan sejenis neurotoksin hasil produksi oleh clostridtum tani.

Gejala yang mudah dikenali pada cempe yang terkena tetanus bisanya tubuh cempe akan mengejang, selurut otot-ototnya kaku sehingga cempe tidak bisa berdiri, makan. Dan biasanya akan berakhir dengan kematian dikarenakan cempe susah bernafas setelah otot-ototnya mengejang. Waktu inkubasi kuman tetanus antara 5-10 hari, jadi cempe keliatan sehat seperti tidak ada masalah namun tiba-tiba tidak bisa berdiri karena kaku.

Untuk penanggunangannya alangkah baiknya menempuh jalan prefentif dengan cara menanganan yang baik pada cempe yang baru lahir. Karena biasanya kuman masuk melalui tali pusar cempe yang baru lahir maka sebaiknya. Tali pusar cempe yang baru lahir di semprot atau dibersihkan dengan alcohol atau disinfektan dengan teratur. Menurut pengalaman saya, alcohol di campur minyak kayu putih cukup untuk mengusir lalat pembawa kumat tetanus. Masukan campuran alcohol dan minyak kayu putih kedalam sprayer akan mudah dalam penggunaanya. Jaga kebersihan kadang, keran kuman suka berada di tempat kotor. Awasi induk ketika menjilati cempe yang baru lahir, jangan sampe tali pusar cempe putus karena tergigit oleh induknya. Apa bila cempe sudah dalam keadaan kaku biasanya cempe akan mati.

Itulah beberapa tips mudah dalam penanganan penyakit tetanus pada cempe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...