Halaman

Senin, 29 Oktober 2018

Tips Mencetak Kambing Unggul

Merujuk pengalaman beternak di kandang kami, faktor genetik dari pejantan kambing etawa dominan terhadap cempe yang dihasilkan dengan prosentase 70% – 80% . Artinya, faktor pejantan sangat berperan dalam proses reproduksi kambing etawa ini.
Namun demikian dalam beberapa kasus, terdapat pengecualian hasil yang diakibatkan sifat genetika betina resist terhadap sperma genetik si pejantan.
Secara ilmiah ilmu breeding/genetika ini sangat komplek untuk dipelajari dan pada postingan ini saya hanya akan berbagi dari pengalaman beternak selama beberapa tahun berjalan.
Jam terbang, jumlah pejantan dan jumlah indukan yang dimiliki, serta memahami luri/asal-usul/trah keturunan dari induk/pejantan yang kita breedingkan cukup membantu dalam proses mencetak kambing etawa unggul. Pada tahap ini, biasanya si peternak akan paham bahwa luri induk yang satu akan cocok dikawinkan dengan luri pejantan dua atau sebaliknya dan begitu seterusnya.
Dalam komunitas penghobi kambing etawa, definisi kambing etawa unggul adalah kambing etawa yang memiliki ciri-ciri fisik memenuhi parameter-parameter seni yang dinilai pada saat kontes kambing etawa. Berikut adalah beberapa parameter tersebut :
  1. Postur : tinggi, panjang, besar, padat seimbang, tampak depan / belakang sama besar (ideal).
  2. Bentuk kepala : besar, pendek, cembung, setengah lingkaran dengan variasi mulut nyetem.
  3. Telinga : panjang, melipat,  lebar,  lurus, tidak berbongkol, lentur, tidak bergelombang/keriting dengan kelipatan luar dan dalam simetris
  4. Pola warna : keserasian dari 2 atau 3 warna dalam tubuh kambing yang mempunyai daya nilai seni.
  5. Rewos/Jibrak : bulu belakang yang  bersih, panjang, lebat,  bergelombang menjuntai ke bawah.
  6. Bulu/Rambut : bulu yang bersih, mengkilat, lebat/tebal merata di seluruh badan
  7. Leher/Gelambir : panjang, besar, padat, berisi, dengan Gelambir lebar membentuk variasi yang baik (serasi).
  8. Tanduk : besar, kokoh, pipih, tidak menancap, dan dengan variasi melingkar ke samping mengarah ke depan.
  9. Ekor : ekor yang berbongkol tebal, panjang, berdiri tegak dengan variasi bulu yang lebat
  10. Kaki : bentuk kaki yang kokoh, besar, serasi, tidak X atau O sebagai penyangga yang kuat
  11. Testis /Ambing : testis besar, sedang, dengan variasi bentuk W (tidak sanglir) / ambing besar, lentur dengan variasi punting yang sama.
Bagi peternak pemula, untuk menghasilkan kambing etawa unggul adalah sebuah tantangan, mengingat harga pasaran kambing etawa unggulan relatif mahal, mulai dari cempe, dere, doro, jemoko, induk betina dan pejantan. Tapi hal tersebut bukan menjadi penghalang bagi para penghobi untuk memiliki kambing etawa unggul, banyak cara yang masih bisa dilakukan untuk memperoleh keturunan etawa berkualitas. Berikut adalah beberapa tips untuk mencetak kambing etawa unggul.

IKLAN : Jamu Ternak / Jamu Hewan 22 Herbafarma (Untuk Sapi, Kerbau, Kuda, Kambing dan Domba)
  1. Tidak memiliki pejantan unggul?. Cari pejantan unggul di area sekitar lokasi kita beternak dan atau kita bisa mengirimkan ke daerah laen, hubungi si pemilik, apabila berkenan kemudian kawinkan induk betina milik dengan pejantan tersebut. Tarip mengawinkan biasanya berkisar antara Rp. 250.000 s/d Rp. 1.000.000 tergantung popularitas si pejantan, khusus untuk pejantan unggul lainnya dengan predikat juara nasional dll, konon ongkos mengawinkan bisa lebih dari itu. Hal ini pernah saya lakukan beberapa kali, dengan mengirimkan induk ke Jateng dan Jatim untuk dikawinkan dengan pejantan unggulan di daerah tersebut.
  2. Menutupi kekurangan Pejantan/Induk. Perhatikan dengan seksama apa kekurangan dari pejantan atau indukan milik kita, yang berdampak pada produksi cempe yang dihasilkan. Bandingkan kriterianya dengan parameter-parameter seni kambing kontes. Sebagai contoh: apabila si pejantan memiliki kekurangan pada salah satu atau beberapa parameter, pastikan indukan yang akan kita kawinkan memiliki kelebihan yang bisa menutupi kekurangan si pejantan. Misalnya si pejantan memiliki pola warna kurang dan telinga kurang, maka carikan induk dengan pola warna baik, warna bulu hitamnya tandes serta memiliki telinga mapan, lentur, lebar dan panjang.
  3. Postur, selain di dominasi oleh faktor genetik, faktor ini juga sangat tergantung pada nutrisi yang diberikan pada ternak kita baik pada saat perawatan,  induk betina bunting dan menyusui. Pastikan ternak kita diberikan pakan yang bergizi tinggi baik hijauan ataupun pakan tambahan serta berikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.
  4. X-Breed, Jika kita memiliki anakan dari beberapa pejantan unggul silangkan hasil dari anakan tersebut untuk memperoleh proforma kambing etawa unggulan yang diinginkan. Semakin banyak variasi indukan dan pejantan unggulan sebagai bibit dasar, semakin baik pula variasi anakan yang dihasilkan. Butuh waktu dan kesabaran pada proses ini, mudah-mudahan hasil yang menggembirakan bisa diperoleh di F2 dan F3 dari hasil kawin silangnya.
Demikian sharing kami dalam sesi tips mencetak kambing etawa unggul atau kambing etawa super, semoga bermanfaat. Salam, Exotics Farm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...