Halaman

Selasa, 23 Oktober 2018

waspadai penyakit

Musim Hujan, Peternak Harus Waspadai Pakan dan Kandang yang Lembab


Tibanya musim hujan sekarang ini menjadi tantangan tersendiri bagi peternak, terutama dalam menjaga persediaan pakan ternak dan kelembapan kandang agar hewan ternak terhindar dari penyakit.

Musim hujan memang bagus untuk pertumbuhan rumput pakan ternak, tapi peternak tak bisa langsung memberikan pakannya pada hewan ternak mereka begitu saja. Pakan ternak harus dikeringkan  terlebih dahulu baru bisa diberikan pada hewan ternak.

Dr. Ir. Moh. Yamin, M.Agr.Sc selaku ahli teknologi budidaya domba dan kambing dari Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) menyatakan pada Trubus.id via telepon (8/12), “Rumput memang tumbuh bagus di musim hujan, tapi harus dikeringkan dulu sebelum diberikan pada hewan ternak. Jika tidak, hewan ternak rentan terserang penyakit kembung atau bloat.”

Ada baiknya, sebagai peternak harus melengkapi peternakan mereka dengan teknologi untuk penyimpanan pakan. Rumput yang digunakan sebagai pakan ternak dapat diawetkan setelah dikering udarakan.

“Kalau peternak dapat mengawetkan pakan, misal dijadikan tepung atau pelet, itu lebih baik untuk persediaan di musim hujan,” tambah Moh. Yamin.

Selain memastikan ketersediaan pakan, kelembapan kandang juga harus dijaga. “Musim hujan membuat kondisi kandang ternak jadi lebih lembab. Bakteri senang hidup di tempat lembab seperti itu sehingga dapat jadi sumber penyakit,” kata Moh. Yamin.

Peternak baik skala kecil maupun industri harus memastikan kondisi kandang mereka selalu kering agar hewan ternak dapat hidup nyaman. Moh. Yamin mengibaratkan hewan ternak seperti manusia, “Mereka itu makhluk hidup, sama seperti kita manusia. Kalau musim hujan rentan sakit, jadi kita sebagai peternak harus menjaganya dengan ekstra perhatian.”

Selain memastikan kelembapan kandang dan ketersediaan pakan ternak, peternak juga sebaiknya memberi hewan ternak vitamin agar tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...