Halaman

Rabu, 17 Oktober 2018

beda kambing dan domba

---beda kambing dan domba---Kambing dan domba (Foto: brilio.net)

Kambing dan domba adalah dua jenis spesies hewan yang berbeda. Dalam bahasa latin, kambing disebut Capra hirpus sedangkan domba disebut Ovis aries.  Dilihat sekilas kedua hewan ini hampir sama. Lalu apa saja perbedaannya ya?

Ternak kambing/ domba atau sering disebut juga ternak ruminansia kecil merupakan ternak yang sangat populer di kalangan petani di Indonesia terutama yang berdomisili di areal pertanian/ perkebunan. Selain lebih mudah dipelihara, cepat berkembang biak, dapat memanfaatkan limbah dan hasil ikutan pertanian, ternak kambing/domba juga memiliki pasar yang selalu tersedia setiap saat dan hanya memerlukan modal yang relatif sedikit bila dibandingkan ternak yang lebih besar seperti ternak sapi. Pengetahuan akan perbedaan akan domba dan kambing merupakan hal yang sangat penting dalam mendalami ilmu peternakan, karena domba dan kambing memiliki bentuk yang hampir serupa dan cara hidupnya sama. Domba dan kambing berkaitan erat karena keduanya berada dalam subfamili Caprinae, Pada dasarnya kambing merupakan jenis yang berbeda, banyak masyarakat yang masih menyebut domba adalah kambing dan sebaliknya. kambing dan domba bias dibedakan dengan melihat siklus birahi, taksonomi, ekor,makanan, perilaku, dan tanduk serta kambing biasanya memiliki bulu-bulu yang halus, serta domba memiliki bulu yang kasar dan keriting.
Bulu

Perbedaan yang mudah ditemukan adalah pada bulu kambing dan domba. Bulu pada kambing itu lurus dan tidak perlu dicukur, bahkan dibiarkan saja memanjang. Sedangkan domba memiliki bulu yang keriting dan biasanya dicukur jika sudah lebat untuk dibuat menjadi wol. Apabila bulu kedua hewan ini sama-sama sudah dicukur, maka keduanya susah dibedakan dan terlihat sangat mirip.

Kambing dan domba (Foto: brilio.net) Hanna Vivaldi
Kambing dan domba (Foto: brilio.net)
Domba senang berkumpul bersama teman-temannya.

Telinga

Perbedaan lainnya ada pada telinga kambing yang sebagian besar terjuntai ke bawah dan panjang sedangkan telinga domba menegak ke atas. Kelenjar bau pada kambing yang ada di bawah ekornya tercium lebih menyengat sedang domba tidak.

Tanduk

Tanduk yang dimiliki kambing dan domba pun berbeda. Kambing memiliki tanduk yang mengarah ke atas atau ke samping sedangkan tanduk domba melengkung, itu juga tidak semua domba memiliki tanduk.

 Cara makan

Kambing biasanya memakan daun-daun segar, pucuk daun, dan memakannya dengan agak berdiri sedangkan domba makan dengan cara merumput, mencari rumput yang pendek di permukaan tanah.

Kambing dan domba (Foto: brilio.net) Hanna Vivaldi
Kambing dan domba (Foto: brilio.net)
Kambing sedang memakan pucuk daun.
Kebiasaan

Kambing adalah tipe hewan yang cenderung mandiri dan bebas sedangkan domba lebih suka berkelompok dan merasa gelisah kalau terpisah dari kawanannya. Ketika mencari perlindungan, kambilng lebih gesit dan cepat dibandingkan domba. Kambing tidak suka jika kakinya terkena air dan basah, sehingga mereka akan segera mencari rumput di tempat yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...