Halaman

Kamis, 25 Oktober 2018

belajar ternak kambing


belajar dari ahlinya

Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) menggelar acara Jambore Peternakan Nasional 2017. Ribuan peternak datang dari beberapa wilayah di Indonesia bakal ambil bagian dalam acara tersebut. 

Ketua Umum HPDKI, Yudi Guntara, mengatakan acara tersebut dilakukan untuk mempertemukan peternak-peternak dari sejumlah daerah dan berbagi pengalaman dan teknologi, termasuk di dalamnya pameran domba dan kambing. 

"Ini silaturahmi peternak nasional, mereka datang dengan biaya sendiri, ini sudah kelima kalinya. Di sini bagi pengalaman, termasuk bisa bertemu dengan pemerintah," ujar Yudi kepada detikFinance di temui di Jambore Peternak di Lapangan Jambore Cibubur, Jakarta, Jumat (22/9/2017).



Selain membawa kambing dan domba, para peternak di sini juga terbuka berbagi pengalaman bagi masyarakat yang berminat menggeluti peternakan, khususnya peternak pemula.

"Banyak peternak sukses nanti besok. Bisa belajar sama mereka, kita di sini ada sesi untuk masyarakat awam yang mau beternak, khususnya domba dan kambing. Ada banyak peternak senior hadir di sini," tuturnya.

Acara jambore peternak ini sendiri diadakan selama 3 hari, yakni dari tanggal 22-24 September 2017 di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur, Jakarta Timur

Sementara itu, Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian, Ketut Diarmita, berujar potensi domba dan kambing lokal sangat prospektif untuk ekonomi peternak jika dibudidayakan dengan baik. 

"Rumpun (galur) domba yang kita miliki yaitu domba Garut, Wonosobo, Batur, Kisar, Sapudi, Palu, Compas Agrinak dan Priangan. Sedangkan rumpun (galur) kambing yaitu Kaligesing, Lahan, Kacang, PE (Peranakan Ettawah), Senduro, Saburai, Panorusan Samosir dan Kejobang," jelas Ketut.

Jumlah ternak domba dan kambing (Doka) di Indonesia mencapai lebih dari 33,5 juta ekor, dengan rincian populasi kambing sebanyak 17.847.197 ekor dan domba sebanyak 15.716.667 (Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2017). 

"Jumlah ternak domba dan kambing yang sebanyak itu dipelihara oleh peternak kecil sekitar 95% atau sebanyak 31,8 juta ekor. Namun struktur usaha peternakan domba dan kambing saat ini masih didominasi oleh peternak rumah tangga dengan rataan tingkat pemilikan 4–6 ekor," terang Ketut.

Berdasarkan Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2017, kontribusi konsumsi daging nasional, yaitu ayam ras 57%, sapi 16%, domba dan kambing masing-masing 2% dan sisanya dari jenis ternak lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...