Halaman

Jumat, 26 Oktober 2018

pelajari ilmunya dulu

Pentingnya Mempelajari Ilmu Sebelum Terjun Berbisnis Ternak Kambing

Pentingnya Mempelajari Ilmu Sebelum Terjun Berbisnis Ternak Kambing

Sebelum terjun atau mencoba bisnis ternak kambing, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu tentang ilmu-ilmu cara beternak kambing yang benar secara lengkap. Agar ketika anda menjalaninya tidak mengalami hambatan atau kendala yang mungkin muncul saat beternak kambing.
Anda dapat memanfaatkan bermacam-macam media untuk memeperoleh informasi tentang ilmu beternak kambing. Media-media tersebut seperti internet, buku-buku, atau anda bisa langsung mendatangi peternak yang sudah professional dalam menjalani bisnis ternak kambing.

Hal-hal yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis ternak kambing adalah sebagai berikut :

a. Bagaimana managemen cara beternak kambing yang baik dan benar?
b. Jenis pakan apa saja yang bisa memberikan nutrisi bagi kambing sesuai dengan kebutuhannya?
c. Bagaimana cara merawat serta memelihara kambing dengan benar?
d. Bagaimana cara memasarkan, mempromosikan atau menjual hasil ternak kambing?

Selain ilmu-ilmu yang harus dipelajari, menjalankan usaha ternak kambing juga harus mempersiapkan berbagai hal misalnya jenis pakan hijauan atau pendukung, kandang yang baik, serta arah atau tujuan beternak kambing yang jelas.

1. Jenis Pakan Hijauan atau Pakan Pedukung

Kambing sangat membutuhkan pakan hijauan yang memiliki nutrisi tinggi untuk menjalani kehidupannya. Di habitat aslinya, hidup kambing sangat bebas dalam mencari makanan yang bernutrisi. Kambing memilih makanan hijauan di alam bebas untuk menjamin kesehatan dan perkembangannya secara baik.
Pakan untuk kambing tidak boleh yang sembarangan misalnya pakan tersebut terbuat dari limbah pertanian yang kadar nutrisinya sangat rendah yang kemudian diolah menjadi sebuah pakan yang bernutrisi tinggi guna mempercepat perkembangan kambing. Memberikan pakan pada kambing yang baik bisa dilakukan dengan membuat lahan hijauan yang dipersiapkan di halaman atau ladang dengan ditanami berbagai macam tumbuhan hijau yang bervariasi. Atau juga bisa memanfaatkan makanan pendukung yang memiliki sifat continue sebagai pengganti pakan hijau seperti ampas tahu.
Bila anda tidak memiliki lahan untuk menghasilkan ampas tahu, anda bisa bekerja sama dengan produsen tahu agar bisa mengambil ampasnya tersebut. Membuat lahan hijau memang sangat membutuhkan biaya yang tidak seidkit. Waktu yang dibutuhkannya pun juga sangat lama agar semuanya bisa siap dalam mendukung kelangsungan hidup kambing yang anda ternakan.

2. Kandang Yang Baik Untuk Ternak Kambing

Model kandang yang sesuai untuk ternak kambing adalah model kandang panggung yang bisa dikombinasikan dengan system gembala atau umbar. Bahan-bahan yang bisa anda manfaatkan untuk membuat kandang kambing seperti bambu, kayu, atau baja ringan.
Pembuatan kandang kambing dengan bahan apapun juga harus tetap memperhatikan ukuran kandang yang akan anda buat seperti lebar lantai, ukuran ruangannya, serta tempat atau wadah untuk tampat pakan kambing. Kandang kambing harus dibuat senyaman mungkin agar kambing bisa tumbuh dengan baik.
Tidak harus mewah ketika anda membuat kandang kambing, secara sederhana pun tidak masalah karena yang terpenting bisa membuat kambing menjadi nyaman dan memiliki kesan positif bagi perkembangan kambing. Apalagi bila anda berniat memasarkan kambing anda ke media social, kandangnya harus dbuat yang bagus dan selalu dibersihkan supaya ketika anda foto atau publikasikan hasilnya akan terlihat bagus dan maksimal.
Ada yang bilang bahwa bila kambing kita tempatkan pada kandang yang baik dan nyaman maka akan membuat derajat kambing tesebut menjadi terangkat. Selain itu akan membuat kambing tersebut menjadi lebih berkualitas dan hasilnya sangat bagus. Namun, bila kambing anda tempatkan pada kandang yang kotor, serta tidak terjaga kebersihannya maka akan membuat kambing menjadi terlihat murahan.

3. Arah atau Tujuan Beternak Kambing

Agar sesuai dan selaras dengan visi misi usaha anda, menentukan arah serta tujuan beternak kambing sangat penting untuk dilakukan. Supaya bisa jelas kemana arah usaha anda ini akan dijalani. Ada beberapa jenis usaha peternakan kambing seperti usaha pedaging, perah maupun breeding.
Untuk usaha pedaging jenis kambing yang dapat anda pilih adalah jenis kambing jawa randu, domba gibas, kabing garut, kambing boer, domba merino, kambing peranakan etawa pedaging, dan masih banyak lagi. Sementara untuk jenis kambing perah adalah seperti kambing saanen, sapera, atau kambing kaligesing yang merupakan kambing berjenis perah atau penghasil susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...