Halaman

Senin, 22 Oktober 2018

Jenis makanan kambing pada umumnya adalah berupa tumbuhan atau hijauan

jenis pakan kambing


Kambing adalah jenis hewan mamalia yang bereproduksi dengan melahirkan menyusui. Kambing dapat melahirkan anakan sebanyak 1 sampai 3 ekor dalam satu kali melahirkan. Kambing merupakan hewan herbivora yaitu hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu dalam setiap harinya kambing  mengkonsumsi hampir 100% hijauan atau tumbuh-tumbuhan. Selain memakan hijauan, kambing juga memakan jenis makanan kambing selain rumput seperti buah-buahan.

Makanan Kambing

Secara alami, kambing merupakan hewan herbivora, artinya kambing adalah hewan yang mengkonsumsi makanan berupa hijauan atau tumbuh-tumbuhan. Makanan utama kambing sebenarnya adalah hijauan seperti rerumputan. Selain itu, kambing juga memakan jenis makanan kambing selain rumput seperti konsentrat. Konsentrat adalah makanan kambing yang diracik untuk menambah mineral yang dibutuhkan oleh kambing. Jenis makanan kambing selain rumput ada banyak seperti buah-buahan, umbia-umbian dan lain sebagainya.


Jenis Makanan Kambing

Jenis makanan kambing pada umumnya adalah berupa tumbuhan atau hijauan. Secara umum banyak orang yang tahu bahwa makanan kambing adalah rerumputan. Padahal ada perbedaan beberapa jenis tumbuhan yang termasuk rerumputan dan bukan rerumputan. Rerumputan sebenarnya bukanlah makanan utama yang paling kambing sukai. Ada beberapa jenis makanan kambing selain rumput yang bisa peternak sediakan jikalau jumlah rumput menipis di daerah peternak. Beberapa makanan kambing ada yang berasal dari jenis rerumputan, semak, dedaunan dan buah-buahan.


Makanan Kambing Selain Rumput Yang disukai

Sebenarnya ada sedikit kesalahan persepsi selama ini untuk menentukan jenis makanan utama yang disukai oleh kambing. Secara umum, masyarakat menganggap bahwa rerumputan adalah makanan yang paling disukai kambing. Padahal persepsi tersebut belum sepenuhnya benar karena berdasarkan pengamatan dan beberapa buku menjelaskan bahwa kambing lebih menyukai dedaunan daripada rerumputan. Ada perbedaan antara kambing dan domba dalam memilih makanan. Jika domba lebih suka merumput, maka kambing lebih suka untuk memakan dedaunan. Jadi kesimpulannya makanan kambing selain rumput yang disukai adalah daun-daunan. Akan tetapi, apa saja jenis makanan kambing selain rumput yang disukai oleh kambing? Berikut ini kita akan mengulasnya satu persatu.

Daun-daunan

Sebenarnya, daun-daunan adalah jenis makanan kambing selain rumput yang paling disukai. Jika ada dua pilihan, seringkali kambing lebih memilih makanan jenis daun-daunan karena memiliki tekstur yang lebih halus daripada rumput-rumputan. Daun-daunan  juga tidak terdapat bulu-bulu runcing seperti pada rumput-rumputan. Jenis daun-daunan yang biasa dikonsumsi oleh kambing adalah daun nangka, daun jambu biji, daun waru,daun akasiah, daun mahoni, daun albasiah, daun lamtoro, daun singkong, dan daun kakao. Selain jenis daun-daunan tersebut, masih banyak jenis-jenis daun-daunan yang lainnya.

Konsentrat

Konsentrat sebenarnya adalah campuran beberapa bahan yang dijadikan satu untuk memenuhi kebutuhan mineral yang tidak terdapat pada rumput. Konsentrat dibuat juga bertujuan untuj mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak terutama pada ternak kambing penggemukan. 


Ampas Tahu

Ampas tahu adalah hasil sisa atau limbah hasil dari pengolahan kedelain menjadi tahu ataupun susu kedelai. Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, ampas tahu juga baik untuk mendukung pertumbuhan kambing pada penggemukkan.

Ampas singkong

Ampas singkong adalah limbah hasil pengolahan singkong untuk diambil sarinya dan dijadikan tepung kanji ataupun bioetanol. Limbah singkong memiliki kandungan energi yang cukup banyak.


Jerami Fermentasi

Pada umumnya jerami fermentasi merupakan makanan yang diberikan pada sapi sebagai pengganti rumput. Jerami memiliki jumlah serat yang cukup tetapi sedikit energi dan  unsur mineral yang lain sehingga dalam penggunaannya harus tetap dikombinasikan dengan jenis pakan yang lain.

Gedebok fermentasi

Gedebok yang difermentasi merupakan jenis makanan kambing selain rumput yang bertujuan untuk mengatasi ketergantungan rumput dan daun-daunan yang lain. Gedebok bisa diberikan sebagai pakan kambing. Akan tetapi, dalam penggunaannya harus diperhatikan karena gedebok tidak memiliki semua unsur mineral yang dibutuhkan kambing.


Kulit Kacang

Kulit kacang merupakan limbah pertanian yang masih memiliki kandungan protein cukup tinggi dan juga lemak. Kulit kacang biasanya digiling dan dicampurkan pada konsentrat kambing.

Tongkol Jagung

Tongkol jagung dipilih sebagai pakan alternatif karena menyediakan komposisi mineral dan energi yang dibutuhkan kambing seperti karbohidrat, lemak dan juga protein. Sebelum memberikan oada ternak, tongkol jagung digiling sampai halus setelah itu dicampur dengan bahan lain menjadi konsentrat.

Kulit Pisang

Kulit pisang biasanya banyak didapatkan pada industri pengolahan keripik pisang atau sale pisang. Kulit pisang bisa langsung diberikan kepada kambinga taupun diawetkan terlebih dahulu dengan difermentasi dan dikeringkan. Pemberian pakan dnegan kulit pisang sebaiknya dikombinasikan dengan pakan lainnya.

Daun dan Pelepah Kelapa Sawit

Hampir sebagian besar perkebunan kelapa sawit terletak di Sumatera dan Kalimantan. Limbah dari kelapa sawit seperti pelepahnya sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing. Akan tetapi karena pengolahannya yang sangat sulit karena banyaknya duri, maka sedikit orang yang memanfaatkannya.  Biasanya perusahaan kelapa sawit yang sering memanfaatkan limbah sawit sebagai pakan sapi.

Kulit Kakao

Kulit kako merupakan limbah yang lumayan banyak dihasilkan di perkebunan rakyat di Indonesia. Akan tetapi limbah akako berupa kulit kakao agak sulit untuk ternak kambing karena memiiki lendir dan kadar asam yang tinggi.

Kulit Kopi

Kulit kopi juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Akan tetapi, jumlah tanin dan kafein yang terkandung pada kulit kopi lumayan tinggi dan ini cukup beresiko jika diberikan pada kambing.

Itulah ulasan mengenai makanan kambing selain rumput. Semoga tulisan tentang 12+ Jenis Makanan kambing Selain Rumput dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...