Halaman

Senin, 22 Oktober 2018

tidak boleh untuk kambing

Jenis Pakan Hijauan Untuk Ternak Kambing Yang Bernutrisi Tinggi

.Pakan hijauan untuk ternak kambing bisa berasal dari rumput – rumputan dan juga leguminosa dengan jumlah sekitar 70 % – 90 % dari jumlah ransum. Memberi pakan ternak kambing dengan hijauan yang punya kadar protein yang tinggi akan sangat baik untuk pertumbuhan kambing agar cepat gemuk. Jenis hijauan adalah salah satu alternatif pakan yang diberikan
Pakan hijauan untuk ternak kambing bisa berasal dari rumput – rumputan dan juga leguminosa dengan jumlah sekitar 70 % – 90 % dari jumlah ransum. Memberi pakan ternak kambing dengan hijauan yang punya kadar protein yang tinggi akan sangat baik untuk pertumbuhan kambing agar cepat gemuk.
Pakan hijauan untuk ternak kambing
Jenis hijauan adalah salah satu alternatif pakan yang diberikan untuk ternak kambing yang bisa kita peroleh dari lingkungan yang  ada disekitar kita secara mudah, bisa dari pekarangan maupun dari lahan pertanian yang bisa ditanami dari jenis – jenis hijauan. Ada beberapa jenis hijauan yang bisa dibudidayakan  dengan mudah diantaranya :
  • Teresede ( gamal )
Menjadi salah satu hijauan yang sangat baik untuk ternak kambing. Kandungan protein 23 % CP dan kalsium 1,2 %, kandungan seratnya tinggi 45 % NDF yang ada pada daun teresede sangat bagus digunakan sebagai sumber hijauan untuk dijadikan pakan kambing. Ciri daunnya mempunyai bau yang menyengat, kadang membuat kambing belum terbiasa memakannya, sehingga bisadisiasati dengan dijemur atau dilayukan terlebih dahulu dan bisa diberikan saat kondisi lapar.
  • Singkong taun ( singkong karet )
Memiliki daun – daun yang lebar dan tebal, ciri lainnya memiliki  pokok batang yang besar. Biasanya singkong ini di tebang dan akan tumbuh lagi. Walau batangnya sangat besar, tapi hanya memiliki umbi yang kecil, seperti akar yang menggembung. Bedanya singkong karet dengan singkong biasa adalah singkong taun hanya dimanfaatkan daunnya saja untuk dibuat sayur, karena ubinya tidak bisa dikonsumsi. Daun singkong taun sering juga dimanfaatkan untuk pakan ternak. Jumlah kandingan protein yang tinggi pada singkong taun sangat baik diberikan pada ternak kambing.
  • Kaliandra
Termasuk dalam kelompok klasifikasi plantae, family fabaceae, kaliandra bisa tumbuh baik di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi hingga 1500 mdpl. Tumbuhan ini relative kuat untuk bisa bertahan saat musim kemarau, meski pertumbuhannya tidak sesubur saat di musim penghujan.
Manfaat lain kaliandra adalah :
  • Bisa ditanam untuk menahan erosi tanah karena mempunyai akar yang kuat
  • Apabila ditanam pada tanah yang kurang produktif bisa menekan pertumbuhan gulma karena daunnya yang rimbun
  • Daunnya hampir mirip dengan petai cina ( daun mlanding ), tapi bedanya lebih tipis dan halus.
  • Buah kaliandra yang banyak digunakan sebagai tanaman penghijauan dan bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena kandungan protein yang ada pada daun kaliandra yang cukup tinggi.
Pakan hijauan untuk ternak kambing dari ketiga jenis hijauan diatas bisa kita budidayakan sehingga bisa bermanfaat untuk dijadikan pakan ternak kambing. Apabila memiliki tanaman hijauan sendiri sebagai pakan ternak, tentunya bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli pakan ternak yang lainnya seperti : ampas tahu, kulit kedelai, dll.
Untuk mencapai  hasil yang maksimal dari ternak yang kita pelihara, maka para peternak seharusnya bisa memiliki :
  1. Ilmu mengenai hijauan yang diberikan sebagai pakan
  2. Cara memilih hijauan yang bermutu
  3. Cara menanam
  4. Cara meningkatkan mutu pakan yang punya nilai nutrisi rendah dengan cara fermentasi
  5. Bagaimana cara memberikan pakan pada ternak kambing
Pakan hijauan untuk ternak kambing yang mempunyai jumlah kadar protein tinggi yang bisa kita budidayakan dengan mudah. Kebutuhan pakan ternak yang semakin meningkat, tentu akan membawa manfaat apabila tanaman hijauan bisa dibudidayakan sendiri agar lebih memudahkan pada saat pemberian makanan yang bergizi untuk ternak kambing yang dipelihara.Rumput, tanaman hijauan adalah identik pakan hijauan untuk ternak kambing, namun semakin hari pakan hijauan tersebut tidak praktis untuk didapatkan. Untuk mendapatkan pakan hijauan sangat tergantung dengan musim tentunya hal ini tidak baik untuk penggemukan ternak dimana jika masa kemarau stok pakannya berkurang. Selain itu untuk mendapatkan pakan hijauan ini sangat tergantung dengan tenaga pekerja yang mencarikan rumput, sedangkan saat ini sudah mulai sulit untuk mendapatkan tenaga pekerja yang khusus mencari pakan hijauan. Jikapun ada maka biaya operasionalnya lebih tinggi sehingga keuntungan usaha peternakan ini tidak terlalu banya.
Melihat kondisi ini kami membuat inovasi pakan yang bisa dimanfaatkan dalam segala musim sehingga target penggemukan tetap sesuai yang diharapkan. Pakan yang kami ciptakan adalah pakan komplit dimana pakan ini sudah mengandung karbohidrat, vitamin , mineral, protein, serat, lemak. Ukuran dan komposisi pakan kamiinisudah terukur sehingga mampu menaikkan bobot badan secara teratur dan cepat.  Pemberiannyapun sangat praktis cukup diberikan 2 kali dalam sehari. Sudah tanpa diberikan tambahan pakan lagi dan tidak perlu tenaga pekerja yang banyak lagi. Dengan pakan ini dapat meminimalkan jumlah pekerja karena praktis beberapa aktivitas untuk mengelola kandang lebih ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...