Halaman

Senin, 22 Oktober 2018

solusi pakan kambing saat musim kemarau

Cara Membuat Pakan Kambing Alternatif Di Musim Kemarau

Memelihara ternak pada musim kemarau adalah permasalahan  klasik yang dialami sebagian besar peternak.  Hal ini disebabkan bahwa sebagian besar ternak kambing sangat tergantung dengan pakan hijauan yang ada disekitarnya.  Dengan demikian para peternak harus memutar otaknya untuk membuat pakan kambing alternatif
    1. Pakan kambing alternatif

Menyadari kesulitan kesulitan tersebut maka  mereka memutar otak bagaimana caranya agar ternak nya tercukupi kebutuhan pakannya tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak.
Untuk mencukupi kebutuhan pakan tersebut maka muncul ide membuat pakan kambing alternatif agar ternak mereka tetap bertahan . Adapun pakan kambing alternatif yang biasanya disediakan pada saat  musim kemarau diantaranya adalah:
    1. Dedak bekatul

Dedak yaitu salah pakan alternatif yang berasal dari tumbukan kulit padi pada saat proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak bekatul  ini sudah sangat umum digunakan   oleh peternak karena bahannya mudah dicari dan cara  pemberian pakannya tergolong sangat mudah. Cara penyajiannya adalah dedak dicampur dengan air bisa air hangat ataupun dingin  hingga seperti bubur kemudian diberikan kepada ternak.
Dedak bekatul  ini merupakan pakan yang banyak di gunakan untuk unggas dan juga campuran pakan lainnya seperti pelet yang di hasilkan untuk pakan ikan. Dedak dipilih sebagai pakan kambing alternatif karena harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan pakan lainnya yang mahal dan mudah didapatkan dan tidak tergantung dengan musim.
  1. Jerami kering.
Pada umumnya petani yang sedang panen padi memanfaatkan jeraminya sebagai bahan pakan ternaknya, karena pada saat panen jumlah jerami sangat banyak maka mereka mengeringkan jerami tersebut supaya dapat dimanfaatkan dilain waktu. Jerami biasanya disimpan dalam lumbung pakan pada saat kesulitan mencari pakan maka jerami kering ini dapat dimanfaatkan.
  1. Pakan konsentrat
Cara membuat pakan kambing alternatif di musim kemarau yaitu dengan membuat konsentrat pakan kambing. Konsentrat ini dibuat secara khusus dengan memanfaatkan beberapa sumber pakan lainnya yang ada disekitar kita.
Komposisi konsentrat pakan kambing  alternatif diantaranya adalah: mandiri dengan komposisi bahan sebagai berikut: dedak bekatul halus 80%, onggok 2.5%,  jagung giling 15%, dan garam 2.5%.
Bahan tersebut dicampur secara rata kemudian diberikan langsung kepada ternak. Jadi konsentrat ini aman untuk persediaan pakan dikala musim kemarau.
  1. Takaran pemberian konsentrat ini harus disesuaikan dengan berat badan kambing dan domba; Adapun cara pemberianya adalah sebagai berikut:
  2. Kambing atau domba usia 5 bulan sebaiknya diberikan konsentrat ini sebanyak 2 ons per hari.
  3. Kambing atau domba usia 5 bulan keatas dapat diberikan konsentrat sebanyak 2.5 ons sampai 3 kg sesuai dengan berat badannya.
  4. Pemberian pakan ini sebaiknya diberikan 3 kali dalam sehari.
  5. Rumput kering
Pada musim penghujan biasanya banyak sekali tumbuh rerumputan hijau, biasanya para petani memanfaatkannya untuk mencari rumput. Kemudian rumput tersebut dikeringkan sehingga dapat disimpan lebih lama untuk dapat dijadikan sebagai persediaan pakan kambing alternatif. Pada saat kemarau rumput kering tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pakan.
Memang dibutuhkan untuk mencari pakan kambing alternatif  untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak agar cepat gemuk. Berbagai pakan kambing alternatif telah diciptakan oleh peternak semuanya sah sah saja agar tujuan penggemukan dapat segera diperoleh.
Faktor penentu keberhasilan ternak diantaranya adalah manajemen pengelolaan peternakan, penentuan jenis pakannya , dan sekaligus  anda bisa mempelajari tips ternak kambing.
Sebagai solusi untuk memenuhi pakan ternak kambing kami telah membuat formulasi pa
kan kambing alternatif. Pakan ini kami namai pakan ternak instan. Kenapa kami namai pakan ternak instan karena pakan ini kami buat dengan beberapa komposisi lengkap tinggal memberikan saja kepada ternaknya tanpa pakan pendamping lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...