Halaman

Kamis, 25 Oktober 2018

kaya dengan ternak

Omzet Puluhan Juta dari Penggemukan Domba

   

  Penggemukan domba atau kambing gibas menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan keuntungan menggiurkan. Peternak di Desa Winong bahkan bisa meraup omzet hingga Rp50 juta dalam satu bulan dari hasil penggemukan kambing.
Salah satu peternak kambing di Dusun Kuncen RT 01/RW 13 Winong, Samudro Bramantyo, mulai menekuni usaha ini sejak dua tahun terakhir. Samudro tertarik memulai usaha penggemukan kambing karena ingin memenuhi tingginya permintaan daging kambing berkualitas di wilayah Boyolali. Kini, pemasaran kambing hasil petenarkan Samudro tak hanya di Boyolali, tapi juga sudah mencapai beberapa daerah lain seperti Yogyakarta dan Tegal.
Peternak biasanya menjual kambing secara jogrogan atau per ekor. Namun, Samudro memilih menggunakan sistem lain, yakni menjual kambing sesuai berat badannya supaya sama-sama menguntungkan penjual dan pembeli. Pria berusia 38 tahun itu mematok harga jual Rp800.000 hingga Rp1 juta untuk kambing seberat 18 kg hingga 23 kg. Harga jual kambing bisa mencapai Rp2,5 juta hingga Rp4 juta per ekor jika mencapai berat 30 kg hingga 35 kg setelah digemukan.
Saat ini, Samudro memiliki 150 ekor kambing gibas serta kambing kacang. Ayah dua anak itu biasa membeli bibit kambing dari desa sekitar Winong. Bibit-bibit kambing lalu dipelihara selama lebih kurang tiga bulan hingga gemuk dan siap dijual.
Samudro sangat memperhatikan perawatan hewan ternaknya untuk menjaga kualitas kambing saat dijual. Dia memberi pakan alami untuk kambingnya, yakni rumput hijau yang didapatkan dari ladang di belakang kandang. Pelanggan yang berminat memesan kambing gemuk dengan kualitas unggulan bisa menghubungi Samudro di nomor telepon 08121155789.
Keunggulan kambing dari peternakan Samudro memang sudah dikenal luas. Dia bahkan pernah mengikuti kontes petenakan sehat Piala Presiden di Jakarta yang diikuti sekitar 4.000 peserta. Kontes itu juag dimeriahkan dengan pemecahan rekor 100 ekor kambing guling dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Samudro berharap dapat memperluas lahan peternakan untuk menambah jumlah kambing yang akan digemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...