Halaman

Kamis, 25 Oktober 2018

manajemen ternak kambing

MANAJEMEN SEDERHANA TERNAK KAMBING

Usaha peternakan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan pangan terutama kebutuhan protein hewani yang dipenuhi dengan produk berupa daging, susu dan telur. Peternakan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan karena adanya peningkatan kebutuhan pangan tiap tahun, serta kesadaran akan kebutuhan gizi keluarga.
silatnas9
Pemenuhan kebutuhan protein hewani haruslah didukung dengan peternakan yang benar. Landasan teori sebelum benar benar terjun praktek dalam usaha sangat diperlukan. Kebutuhan dan pengetahuan ilmu akan bertambah seiring dengan perjalanan usaha. Prinsip dalam menggali ilmu dan informasi dalam beternak hendaknya seperlunya saja dan segera aplikasikan kemudian setelah itu memperdalamnya dalam praktek. sumber informasi usaha beternak dapat diperoleh dari studi pustaka baik buku maupun online, berkunjung dan belajar kepada peternak senior yang berhasil. Analisa usaha hendaknya menjadi kerangka besar acuan usaha, jangan terlalu jeli dan detil menghitungnya karena terkadang dengan mengetahui angka dan realita tantangan yang dihadapkan dengan semangan usaha, terkadang menjadi penghambat langkah.
silatnas 2
Kambing sebagai ternak ruminansia kecil dapat diandalkan untuk membantu terpenuhinya kebutuhan daging dan susu. Memulai usaha peternakan kambing sudah seharusnya peternak memahami terlebih dahulu seputar kambing. Pengetahuan ini meliputi jenis kambing, manajemen pakan, manajemen pemeliharaan, manajemen reproduksi, perkandangan, pemasaran hasil ternak dan hal hal yang mendukung kelangsungan serta kelancaran usaha ternak kambing.
silatnas91
Usaha beternak kambing merupakan sebuah proses yang  membutuhkan semangat, energi dan ketangguhan. Komoditas yang dibudidaya adalah makhluk bernyawa, dimana terkadang hitungan diatas kertas tidak mulus dicapai. Berdasar dari berbagai pengalaman teman -teman peternak ialah ujian menjadi peternak pada dua (2) tahun awal usaha. Keuntungan tidak bisa diperoleh secara sekejap akan tetapi melewati proses dan tantangan, maka jangan buru-buru untung. Tidak rugi diawal saja sudah untung.
silatnas 3
Populasi banyak belum tentu menghasilkan keuntungan yang banyak juga yang pasti semakin banyak ternak yang dipelihara permasalahan yang dihadapi semakin banyak. Populasi banyak harus menyiapkan pakan yang banyak, waktu yang banyak, perhatian yang banyak. Manajemen peternakan turut memberikan andil dalam hal ini. Memulai usaha ternak kambing sebaiknya dimulai dari skala minimal yang bisa di”handle”. Langkah ini dipilih dengan alasan tingkat resiko yang dihadapi dan kemampuan kita untuk lebih mudah mempelajari tentang usaha yang sudah dipilih. Apabila kapasitas kita sebagai peternak sudah lebih memadai bisa ditingkatkan populasinya.
silatnas92
Agar tidak terjebak pada arus dan tren sesaat usaha, apalagi terjebak dalam “monkey games” hendaknya tujuan beternak sudah ditetapkan diawal. Apakah akan fokus pada kambing seni, kambing perah, kambing potong atau yang lain.
silatnas 4
Fokus usaha utama perlu ditentukan diawal apakah mau berusaha dikambing perah, kambing potong, pembibitan dan kambing seni. Setelah jenis usaha ternak kambing ditentukan selanjutnya perlu dipersiakan daya dukungnya seperti lokasi kandang, hijauan pakan, peralatan, transportasi dll. Populasi sedikit bisa dilaksanakan oleh kita langsung ataupun anggota keluarga, akan tetapi apabila populasinya sudah banyak hendaknya menggunakan tenaga kandang. Apabila aktivitas kandang dilakukan orang lain hendaknya tugas dan tanggung jawabnya disampaikan diawal dalam format job description dan alur kerjanya. Usaha ternak kambing yang sudah siap hendaknya segera dijalankan dengan evaluasi yang berkala.
silatnas93
Dunia usaha termasuk peternakan kambing tidak lepas dari persaingan. Langkah utama menghadapinya adalah dengan melakukan inovasi tiada henti disemua lini usaha. Inovasi pengolahan hasil susu, daging salah satunya. Dalam berinovasi diusahakan belum pernah dilakukan oleh peternak manapun. Jurusnya dengan Amati Tiru dan Modifikasi.
silatnas 5
Produk utama peternakan kambing adalah anakan, susu dan daging. Produk utama ini dengan kreatifitas lanjutan dapat menghasilkan produk turunan dengan nilai ekonomi yang jauh lebih besar. Produk utama pada kambing perah adalah susu segar, namun dapat dibuat produk turunan dengan pengolahan susu menjadi susu pasteurisasi, yogurt, kefir, masker dan sabun. Produk utama kambing potong adalah daging, namun dengan sedikit pengolahan dapat dibuat olahan sosis, masakan sate dll. Tekno edu farm juga salah satu turunannya dimana beternak dengan penghasilan saat ada kunjungan anak anak sekolah yang berkunjung dll.
silatnas94
Pakan seringkali menjadi momok dalam usaha peternakan, termasuk kambing domba.  Hijauan, baik rumput maupun dedaunan menjadi andalan utama akan tetapi perlu dievaluasi apakah kualitas dan kuantitasnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan ternak. Tercukupi dalam hal ini kenyang perut sekaligus kenyang nutrisi. Apabila kurang hendaknya dilengkapi dengan menambah bahan lain, baik itu membeli maupun memanfaatkan potensi lingkungan. Pada pemilihan pakan perlu diperhatikan implikasinya terhadap produksi, aspek teknis pragmatis sehingga efisien serta komponen harga baik harga bahan maupun hasil ternak.
silatnas6
Salah satu parameter keberhasilan usaha ternak kambing adalah adanya anakan yang dihasilkan. Manajemen perkawinan menjadi kunci utama, dimana kita mengatur kapan waktu yang tepat untuk mengawinkan kambing. Aplikasi teknologi reproduksi dapat diterapkan dalam hal ini seperti gertak birahi dan inseminasi buatan. Semakin dekat jarak beranak maka semakin baik dalam usaha ternak kambing. Target yang dapat dicapai misalnya dalam dua tahun beranak tiga kali.
silatnas95
Dari hulu sampai hilir dalam usaha peternakan kambing haruslah diperhatikan, jangan terjebak pada salah satu sisi jika anda tidak mempunyai nilai tawar.  Walaupun kenyataanya semua lini tersebut anda lakukan sendiri akan tetapi pos-pos tersebut haruslah dalam kontrol penuh.
silatnas7
Berikut ini adalah contoh analisa usaha sederhana pada peternakan kambing perah dikandang Origin Dairy Farm Cilacap. Angka angka tersebut mengacu pada kondisi tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...