Halaman

Rabu, 17 Oktober 2018

Cara Memilih Daging yang baik

memilih dagingAneka Olahan Daging Tentang Cara Memilih, Membersihkan, Memasaknya

Daging bisa dikatakan adalah salah satu bahan makanan favorit dan paling digemari hampir oleh semua orang. Selain enak, daging juga kaya akan protein terbaik yang diperlukan tubuh, serta nutrisi penting lainnya. Daging merupakan sumber vitamin, terutama Vitamin B dan mineral seperti Zat Besi, Zinc dan Fosfor yang kesemuanya sangat penting bagi tubuh.

Daging, memiliki kandungan lemak, yakni lemak jenuh, lemat tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh rantai ganda dan juga mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan, perkembangan dan pembentukan tubuh.

Karena itu, apabila terlalu sering mengonsumsi daging, juga kurang baik karena akan meningkatkan kadar protein, dan kadar lemak dalam tubuh.

Kadar lemak yang tinggi didalam tubuh mempunyai risiko meningkatnya berat badan atau mengalami obesitas.

Selain itu, makanan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh dan kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL, yang akibatnya berisiko terserang penyakit jantung.

Makan daging merah seperti daging sapi juga diduga dapat meningkatkan risiko kanker usus, paru-paru, kerongkongan, lambung, pankreas, dan endometrium.

Karena itu, jika anda suka mengkonsumsi daging, ada baiknya anda perlu untuk memahami dan mengerti bagaimana cara mengolah daging, serta bagaimana cara memilih daging yang baik dan benar.

Sehingga selain kita dapat menikmati kelezatan dari olahan daging, kita juga dapat menjaga kesehatan kita.

Olahan daging ada banyak macamnya, tergantung bagaimana kita ingin menyajikannya. Namun akan lebih baik jika daging tersebut anda olah sendiri, bukan dibeli dari bentuk olahan daging jadi seperti daging asap, hot dog, ataupun sosis.
Selain olahan daging dengan macam jenis masakan yang akan kita sajikan, olahan daging juga bisa berupa menjadikan daging agar lebih empuk, tidak bau sehingga lebih lezat untuk dinikmati.Untuk itu, berikut kami berikan beberapa cara olahan daging mulai dari memilih, membersihkan, membuatnya lebih empuk dan tidak bau, memotong dan memasak daging.

1. Cara Memilih Daging yang baik:

  • Pilihlah daging yang warnanya merah segar dan tidak mengandung air.
  • Pilihlah daging yang tingkat kekenyalannya cukup serta memiliki aroma yang segar.
  • Pilihlah daging yang bagian lemaknya sedikit seperti paha belakang, paha depan, has luar, atau pinggang. Jika anda memilih daging dan masih ada lemaknya, anda bisa membuangnya terlebih dahulu sebelum diolah.

2. Cara Mencuci Daging yang baik:

  • Ada baiknya anda tidak mencuci daging saat anda akan mengolahnya untuk dijadikan masakan yang lezat, karena jika daging dicuci, apalagi direndam terlalu lama, akan membuat olahan masakan daging anda akan berbau, dan juga dapat menghilangkan kandungan gizi yang ada pada daging.
  • Selain itu, ketika mengolah daging dengan merendamnya terlalu lama, akan membuat daging menjadi lebih keras saat dimasak, daging yang direndam terlalu lama juga akan pucat dan terlihat tidak segar.
  • Apabila daging diambil dari ruang pendingin (freezer), biarkan daging lemah dan mencair sendiri dengan suhu ruangan, jangan merendam daging dengan air, apalagi air panas, karena akan membuat daging menjadi tidak segar dan akan kehilangan nutrisinya.
  • Cara menyimpan daging juga harus diperhatikan. Simpan daging di kulkas bersuhu 1°Celcius atau di freezer bersuhu -18°Celcius. Hal dapat menjaga daging agar tetap segar, mempertahankan nutrisi, dan memperpanjang umur simpan makanan.
  • Sebaiknya daging mentah hanya disimpan selama satu atau dua hari saja waktu disimpan didalam kulkas, sedangkan daging masak disimpan tiga hingga empat hari.
  • Jika disimpan dalam freezer, daging mentah bisa bertahan hingga tiga atau empat bulan, sedangkan daging sapi matang dua hingga enam bulan.
  • Jika menyimpan daging selama lebih dari dua minggu, bungkus daging dengan kertas alumunium foil, kertas pembeku, atau tas pembeku. Jika ingin mencairkan daging sapi yang beku, taruh dalam lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
3. Cara Mengolah Daging Biar Empuk:

  • Tidak semua orang yang bisa memasak daging dengan baik dan benar, yang membuat olahan daging menjadi lebih empuk. Namun ada beberapa cara yang merupakan cara yang diwariskan oleh nenek moyang kita, dan diturunkan secara turun temurun.

Adapun caranya adalah :

a. Menggunakan Nanas

Mengempukkan daging dengan Nanas memang merupakan resep warisan nenek moyang, karena cara ini adalah salah satu cara tertua dan sudah lama dipraktekkan di negeri kita. Setelah dilakukan penelitian ternyata Nanas mengandung enzim yang bernama bromelin, enzim inilah yang dapat mengurai ikatan protein.

b. Menggunakan Jahe

Jahe juga mengandung enzim yang dapat mengurai protein dalam daging, yang mana jika protein terurai maka dagingpun akan menjadi empuk. Enzim yang rerkandung didalam jahe adalah enzim proteolitik atau protease.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...