Halaman

Minggu, 28 Oktober 2018

Memandikan Kambing Etawa

Memandikan Kambing Etawa


Beternak Kambing Etawa tidak cukup hanya dengan memberinya makan setiap hari namun kita butuh merawat, seperti memberikan vitamin serta mengantisipasi kambing dari berbagai penyakit yang akan menyerang kambing etawa.
Seperti hewan peliharaan yang lain kambing etawa sebenarnya juga butuh mandi, jika kita amati ternak seperti kerbau, kuda, serta binatang yang lain memiliki sifat alami yang perlu air untuk mandi, hal itu ditemui pula pada kambing etawa.
Mengutip pengalaman beberapa peternak di wilayah saya tinggal yang sudah melakukan usaha budidaya kambing etawa sudah berpuluh-puluh tahun, saya mengutip pengalaman mereka dalam kebiasaan memandikan kambing.
Desa Donorejo dan sekitar lereng menoreh dimana kambing etawa ini diternakan adalah daerah yang memiliki kontur pegunungan serta memiliki udara lumayan dingin disamping curah hujan dalam setahun relatif sering, beberapa hal tersebut mendasari pula perlakuan serta perawatan kambing etawa yang terkait dengan siklus memandikan kambing etawa.
Memandikan Kambing
Saat musim kering atau kemarau kambing etawa umumnya dimandikan sebulan sekali, namun pada musim penghujan kambing ini relatif tidak pernah mandi karena udara yang dingin mengakibatkan kambing tidak kering bulu setelah dimandikan.
Bagaimanakah tata cara memandikan kambing etawa yang benar?
Pertanyaan tersebut sering terlontar pada peserta pelatihan beternak kambing etawa saat sesion merawat kambing etawa, tentu memandikan kambing etawa tidak seperti memandikan ternak lain seperti piaraan burung yang hanya butuh disemprot dengan sprayer agar piaraan basah oleh air.
Memandikan kambing etawa pertama kali harus memperhitungkan waktu, usahakan pagi hari menjelang matahari sepenggalah atau antara jam 09 wib sampai dengan jam 11 wib, hal tersebut dikarenakan kita membutuhkan sinar matahari pagi untuk mengeringkan bulu kambing etawa sehabis dimandikan.
Kambing etawa sehabis dimandikan memang harus segera kering sebab jika tidak langsung kering bisa mengakibatkan kambing menjadi kembung atau blood karena kedinginan.
Apa saja yang perlu diperhatikan saat memandikan kambing?
Pertama talikan kambing pada ugeran (tonggak, tiang) atau jika sudah punya alat bantu memandikan seperti terpampang pada gambar,  kemudian basahi seluruh badan kambing dengan menyiram atau menggunakan semprotan (hidarkan menyiram kepala kambing secara langsung), setelah semua tubuh ternak rata dengan air dan basah kemudian siapkan sabun guna mencuci bulu dan melepaskan lemak dan kotoran dari tubuh kambing etawa, jika terdapat beberapa bulu yang lengket atau menjadi gimbal usahakan mengurai bulu tersebut dengan bantuan conditioner (shampo).
Wiwir (urai) semua bulu yang gembel, biasanya sering terjadi pada rewos (bulu belakang kambing), bulu yang gembel atau kemel disamping membuat kambing kurang menarik, gembel memukinkan menyimpan kutu yang berbahaya bagi kambing etawa.
Setelah selesai mengurai bulu dan membersihkan dengan busa sabun segera bilas tubuh kambing dengan air bersih hal ini berguna untuk mencegah soda sabun yang kita gunakan akan masuk ke pori-pori kambing yang bisa mengakibatkan kerontokan pada bulu.
Setelah proses pembilasan segera mungkin kambing ditempatkan pada area yang kering serta dijemur agar bulu serta tubuh kambing segera terbebas dari air.
Begitulah sekilas cara memandikan kambing, yang memiliki manfaat, menjaga kambing dari kutu dan kotor namun juga memelihara siklus birahi kambing etawa.
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berhenti Sebagai Dosen Ibu ini Justru Sukses Ternak Kambing

Berternak kambing bisa dilakukan oleh siapapun, Ibu Vita adalah salah satu peternak kambing terkoleksi, kandang ternak kambing modern yang t...